Siapa yang tak kenal wortel. Banyak orang mengenalnya sebagai sayuran yang memiliki banyak manfaat unutk kesehatan mata. Tetapi banyak orang juga belum mengetahui  ternyata wortel juga bermanfaat guna menmbantu orang menurunkan berat badan.

Hal itu disebabkan karena wortel mampu mencegah rasa lapar, yang tentunya membantu program diet yang anda lakukan.

Menurut Mayoclinic seperti dikutip dari laman medicmagic, wortel sangat menyehatkan karena mengandung serat yang tinggi, vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya. Dalam semangkuk potongan wortel mentah terkandung 50 kalori,1 gram protein,12 gram karbohidrat,3.5 gram serat dan tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Dari kandungan wortel, Anda  dapat mengetahui bagaimana sayuran ini sangat baik digunakan untuk mendukung penurunan berat badan, karena wortel memiliki kalori yang rendah tetapi memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air.

Tingginya kandungan serat dan air juga membantu seseorang merasa kenyang sehingga hal itu bisa menahan lapar lebih lama, dan mencegah orang memakan makanan ringan.

Wortel juga memiliki sebuah komponen yang berguna dalam mengurangi resiko yang berhubungan dengan kelebihan berat badan dan obesitas.

Meskipun wortel bukanlah penyebab utama turunnya berat badan, tetapi sayuran ini dapat memainkan peran dalam mendukung kesuksesan penurunan berat badan. Dengan memakan wortel secara konsisten maka seseorang akan mengonsumsi sedikit kalori ketimbang membakarnya.

Para peneliti di Universitas St Andrews of Bristol menunjukan bahwa wanita dan pria yang yang rajin makan sayur dan buah-buahan yang memiliki warna yang kuat seperti wortel dan plum, memiliki kulit kuning bercahaya yang dianggap sangat menarik dan sehat.

Vitamin A dalam wortel tak hanya bermanfaat untuk mata tetapi juga bermanfaat sebagai anti kanker. Dalam sel kanker zat ini bisa menghambat pertumbuhan dan penyebarannya di jaringan payudara.
(*)